Stasioen Lempoejangan Tahun 1887 ~ Tips For Designers, Bloggers, Tech Users

Thanks For Visiting Us

Wednesday, May 25, 2011

Stasioen Lempoejangan Tahun 1887

STASIOEN LEMPOEJANGAN 1887

Selain Stasiun Tugu, di Yogya ada juga Stasiun Lempuyangan. Dulu, ditulis dengan ejaan lama: Stasioen Lempoejangan. Jarak antara Stasiun Tugu dan Lempuyangan hanya sekitar 1 Km, atau mungkin malah tidak sampai. Stasiun Lempuyangan ada di sebelah Timur dan Stasiun Tugu ada disebelah barat.

Foto Stasiun Lempuyangan dalam waktu yang berbeda, yakni tahun 1887 dengan tahun 2011, jelas sekali ada perbedaannya. Meski bangunan lama masih dipertahankan, namun kelihatan sudah ada variasi, sehingga tidak kelihatan bangunan lama. Namun, disekitar rel kereta api, kelihatan tidak ada banyak perubahan. Pada foto, perbedaannya adalah jumlah kereta yang menunggu. Pada foto tahun 1887, kereta yang menunggu hanya satu buah. Pada foto tahun 2011, keretanya panjang sehingga rel kereta api kelihatan dipenuhi kereta.

Karena jalur lintas ke timur masih berfungsi, kiranya yang membuat Stasiun Lempuyangan kembali ‘dihidupkan’. Penumpang yang hendak, misalnya, ke Surabaya, atau juga ke Solo, bisa menunggu kereta api di Stasiun Lempuyangan.

Inilah Stasioen Lempoejangan, yang sekarang masih terus difungsikan. Melalui foto Stasioen Lempoejangan tahun 1887, kita bisa berimajinasi mengenai Stasiun ini pada 1 abad lewat yang lalu.

VIVA DJOCDJA !!!!! ..... by Daerah Istimewa Yogyakarta, repost by Joshuadio WebdzGn

1 comments:

gut ,... hehehehe ,....


Viva Djocdja ...

Post a Comment