Apa itu Strategi Pemasaran Niche? ~ Tips For Designers, Bloggers, Tech Users

Thanks For Visiting Us

Wednesday, May 18, 2011

Apa itu Strategi Pemasaran Niche?

Pemasaran Niche adalah strategi bisnis yang mentargetkan segmen kecil populasi yang didefinisikan dengan baik, bukan penduduk secara keseluruhan. Filsafahnya adalah bahwa ketika bisnis Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang – dan tidak seharusnya mencoba untuk menjadi segalanya – Anda dapat mendominasi satu segmen dari pasar jika anda memahami dengan baik dan tertarik pada hal itu dengan cara yang beresonansi dengan baik.

Definisi
Secara teori, hampir setiap kampanye pemasaran dapat dianggap sebagai strategi niche. Lagipula, suatu iklan pertandingan yang dapat dilihat oleh 100 juta orang, masih berjalan setelah hanya satu segmen dari populasi: orang-orang yang menonton. Dalam prakteknya, pemasaran niche adalah tentang mendefinisikan kategori orang bahwa bisnis Anda bisa menarik, dan mendefinisikan mereka sesempit mungkin. Target konsumen Indonesia, misalnya, merupakan strategi pemasaran yang cukup luas. Pentargetan wanita Indonesia yang bekerja usia 25-49 merupakan strategi pemasaran niche.

Keuntungan
Keuntungan terbesar pemasaran niche adalah efektivitas biaya. Katakanlah Anda menjual skateboard. Anda bisa memasang billboard di seluruh kota dan beriklan sepanjang hari di semua stasiun TV lokal, dan pesan Anda mungkin akan mencapai banyak orang yang mungkin tertarik untuk membeli skateboard. Tapi itu akan sangat mahal, karena Anda juga akan membayar untuk mencapai banyak orang yang tidak memiliki minat sama sekali. Sebuah strategi niche akan memfokuskan pemasaran Anda di tempat-tempat di mana Anda paling mungkin untuk mencari pelanggan. Anda bisa membeli iklan di koran sekolah tinggi, atau memasang poster di konser yang menarik bagi orang muda, atau menjalankan iklan selama siaran “aksi olahraga” di TV. Melakukan hal-hal ini akan dikenakan biaya lebih sedikit, dan mereka akan mencapai orang-orang lebih sedikit – namun persentase yang tinggi dari orang-orang yang Anda capai akan ada di target pasar Anda.

Penelitian
Beberapa penulis buku pemasaran mempopulerkan pemasaran niche pada tahun 1985 dengan buku yang mereka terbitkan. Para penulis telah mempelajari lebih dari 6.000 perusahaan yang tumbuh lebih cepat daripada rata-rata perusahaan besar. Mereka menemukan bahwa lebih dari 90 persen dari perusahaan-perusahaan tersebut terlibat dalam pemasaran niche, meskipun praktek itu belum memiliki nama yang umum.

Langkah
Pemasaran niche disebutkan dalam lima langkah: membuat daftar pelanggan Anda dan pelanggan potensial, persempit sampai ke daftar grup yang dapat Anda layani lebih baik daripada pesaing Anda dan yang akan menguntungkan untuk dilayani, membuat profil orang di grup ini dengan mengidentifikasi ciri-ciri umum demografis mereka, memperindah tidak hanya iklan Anda tetapi juga produk Anda sendiri untuk melayani kebutuhan kelompok ini, dan jangan takut untuk mencoba niche berbeda jika salah satu yang telah dipilih tidak berhasil.

Bahaya
Pemasaran niche kaku bisa terlihat seperti calo. Seorang kolumnis majalah pengusaha menekankan bahwa sangat penting bahwa Anda dapat berbicara dengan pasar sasaran Anda dalam bahasa mereka sendiri – sebagai orang dalam, bukan orang luar. Dan sebelum menggelar kampanye, selalu uji-pasar dengan orang-orang di target demografis Anda. Mereka berada dalam posisi yang lebih baik daripada Anda untuk memberitahu Anda apa yang Anda lakukan, benar dan salah.

0 comments:

Post a Comment